Ads 468x60px

TAK KENAL MAKA TAK SAYANG, MENGULAS LEBIH JAUH TENTANG "KOTA SUMBAWA"

Madu dan kuda. Kedua hal tersebut tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kalian. Itulah yang membuat kota Sumbawa dikenal mulai dari timur sampai ke barat indonesia.
Pernah gak, kalian mendengar tentang salah satu pulau terpadat di dunia?
Pernah gak, kalian mendengar tentang  anak kecil yang menjadi joki?
Semua ada di Sumbawa. Masih banyak hal menarik dan unik dari kota Sumbawa.

Tidak kalah dengan Bali, ternyata potensi wisata di Sumabawa sangat banyak sekali, mulai dari
wisata alam dan wisata bahari yang beragam. Didukung juga oleh kekayaan flora dan fauna, budaya, sejarah, seni dan adat istiadatnya.

Banyak sekali wisatawan yang datang ke Sumbawa dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan dari luar negeri, hanya untuk mengeksplor keindahan alam dan belajar tentang kearifan budaya Sumbawa.

Berikut beberapa tempat wisata populer dan unik yang wajib kamu kunjungi di Sumbawa.

~1~  Pulau bungin.
Salah satu pulau terpadat di Dunia

~2~ Pulau Kaung
pernah lihat kambing makan kertas? datang deh ke pulau ini
~3~ Gugusan Pulau Bedil, Pulau keramat dan pulau temudong

Pasir Putih dan view yang sangat indah menjadi daya tarik utama
 ~4~ Pulau Dangar Ode dan Pulau Dangar Rea
pulau yang dikenal sebagai akuarium dunia
~6~ Pulau Moyo.
Mendiang puteri Inggris Lady Diana pernah kesini loh!!!

~7~ Tanjung Menangis
Tidak jauh dari kota Sumbawa, tempat faforit wisata saya
17'n di tanjung menangis

~8~ Air Terjun Agal

bule aja kesini
Bagi yang senang dengan budaya-budaya unik khas nusantara, Sumbawa adalah pilihan yang tepat untuk dikunjungi. Penduduk yang ramah dan selalu memberi respon positif terhadap wisatawan, memberi kesan nyaman bagi mereka yang berkunjung ke Sumbawa. Sehingga para wisatwan pasti akan selalu kembali ke Sumbawa seterlah kunjungan pertamanya.

Budaya unik Sumbawa yang selalu menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan adalah permainan atau olahraga trasdisionalnya.

~1~ Karaci.
Seperti gladiator di coloseum. Berani coba?

~2~ Barempuk
Tinju bebas menggunakan sarung tinju dari batang padi, unik bukan?
~3~ Barapan Kebo
Barapan kebo bukan barapan kepo

 Balapan kerbau, cuma kerbau tidak benar-benar balapan, melainkan menjatuhkan kayu yang dipasang di tengah arena. katanya sih sudah dimantrai oleh sandro (dukun).

~4~ Main Jaran
Bukan cuma kudanya yang tangguh, Jokinya yang lebih tangguh (joki cilik sumbawa)
~5~ Badempa
Saling adu kekuatan antara pemuda dengan menendang bagian belakang betis secara bergantian

Bagaimana? Unik bukan?

Memang tidak salah ya, jika dikatakan lelaki Sumbawa setangguh kuda liar. hehehe....

Bagi kamu yang tertarik melihat permainan tradisional Sumbawa dan tertarik mengunjungi tempat wisatanya. Buruan siap-siap untuk berangkat. Karena even budaya tahunan di Sumbawa, "Festival Moyo"akan segera diselenggarakan. Biasanaya sih, dimulai sekitar bulan september seperti tahun-tahun sebelumnya.

Melalui Festival Moyo nanti, kalian bisa tau banyak informasi tentang Sumbawa. Mulai dari sejarah, budaya, tempat wisata dan juga adat istiadat di Sumbawa. Sesuai deh dengan tujuannya, untuk mengenalkan budaya dan destinasi wisata pulau Sumbawa kepada dunia. Jangan salah loh, Festival moyo ini merupakan even yang sudah berskala Internasional. Banyak sekali wisatwan mancanegara yaniag berkunjung ke Sumbawa saat Festival Moyo berlangsung. Enggak bakalan rugi deh.

Dalam Festival Moyo, banyak sekali even-even menarik yang bisa kamu ikuti, seperti jelajah wisata motor, sepeda gunung, lomba memancing, festival budaya dan masih banyak yang lebih menarik lagi, semua sudah terangkum dalam Festival Moyo.
Selain bisa berbaur dengan masyarakat sekitar, kalian juga bisa mencicipi makanan khas Sumbawa. Yang paling terkenal nih, sepat dan singang. Saya jamin, setelah mencicipi kedua makanan khas ini kalian bakalan ingat terus sama Sumbawa. 

Nah, bagi kalian yang ingin oleh-oleh khas budaya Sumbawa, saya saranin "Kre Alang" deh . Kain tenun khas Sumbawa ini memiiki nilai seni dan filosofi yang sangat mendalam. cocok buat kalian yang menyukai seni dan budaya Nusantara.

Semoga even seperti Festival Moyo, tetap diselenggarakan ya! Agar kita bisa selalu belajar dan mengingat kembali tentang budaya kita sendiri, budaya Sumbawa, budaya Indonesia warisan nenek moyang kita. 

 Penulis: Trisna J. Akbar




 
 
Blogger Templates